[ Kritika Online ] Game MMORPG PC Mirip " Dragon Nest "

Halo, Gamers ! Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan review tentang sebuah game MMORPG yang mirip dengan " Dragon Nest ". Apa itu Dragon Nest ? Dragon Nest atau yang biasa disingkat DN adalah sebuah game dengan genre MMORPG yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. DN memiliki berbagai Class yang menarik dan dapat melakukan pergantian job setelah mencapai level tertentu. Seperti halnya DN, Kritika Online juga memiliki Class yang menarik, namun karena game ini belum terlalu lama dirilis, class yang dapat dipilih pun hanya sedikit. Nah, berikut adalah review dari Kritika Online !



[ Tentang Game]

Kritika Online [En Masse Entertainment] adalah sebuah game MMORPG dengan karakter 3D berbasis anime yang rilis pada 2017.

[ Gameplay ]

Gameplay Kritika Online tidak jauh berbeda dengan game MMORPG lainnya. Terdapat banyak stage di tiap map. Pada awal permainan, player akan memasuki stage tutorial yang akan memberikan penjelasan tentang cara bermain. Player juga bisa mengganti mode permainan melalui settings. Player dapat memilih tingkat kesulitan stage pada saat memilih dungeon, mulai dari easy, normal, hard, dan insane. Player juga dapat menggunakan item untuk melawan Elites. Setelah melewati semua stage dalam dungeon, boss akan muncul. Total HP boss ditentukan oleh tingkat kesulitan yang dipilih. Drop item dari dungeon juga tergantung pada tingkat kesulitan.

[Class]

Ketika memasuki game, player akan diberikan kesempatan untuk memilih classes yang tersedia. Sampai saat ini sudah ada beberapa classes yang tersedia dengan senjata dan style yang berbeda. Berikut adalah beberapa classes dan job nya.

  • Warrior -> Berserker/Doomblade/Firelord/Heaven Destroyer/Doomfist/Asura

  • Gunmage -> WarpMage/ShadowMage/FrostMage












  • Rogue -> Assasin/Catspaw/Wolf Guardian

















  • Reaper -> Valkyrie/Vamp/Vampire Kaiserin














  • Eclair -> Psion/Supernova












  • Nobleria -> Creator/Halo Magician/Elemental Fairy















  • Monk -> Dark Lord/ Galaxy Lord/ Dark Emperor/ Divine Lord















  • Archer -> Hawkeye















[ Level ]

Sampai awal Januari 2018, level maximal Kritika Online adalah level 65. Untuk menaikkan level, player bisa menyelesaikan berbagai main quest dan side quest yang tersedia. Bisa juga menggunakan item EXP Booster agar bisa menambah jumlah exp yang didapat sebesar 90 %.

[ Fitur ]

Kritika Online memiliki banyak sekali fitur yang menarik. Berikut adalah beberapa fiturnya.


  • Arena

    Pada Kritika Online, terdapat Arena Stage, yaitu stage khusus yang bisa dimainkan player apabila sudah mencapai level tertentu. Player akan melawan boss arena tiap levelnya. Terdapat berbagai syarat untuk memenangkan stage arena, seperti syarat waktu minimum. Tiap level akan mendrop item yang sangat menarik. Apabila kalian mencapai rank tinggi saat arena, akan mendapat hadiah special saat season reset.

  • PvP

    Seperti game MMORPG lainnya, Kritika juga memiliki fitur PvP ( Player vs Player ). Mode ini terbagi menjadi 2, yaitu Ranked Match dan Friendly Match. Apabila kalian mencapai rank tinggi di Ranked Match, akan mendapat hadiah special saat season reset.

  • Fractured Memories

    Fitur special ini digunakan untuk meningkatkan ability khusus kalian, seperti meningkatkan drop rate, dsb. Terdiri atas banyak stage, dan jika kalian berhasil menyelesaikan tanpa melewati batas waktu, kalian akan diberikan 3 point untuk upgrade ability. Sama seperti Arena dan Pvp, Fractured Memories juga menyediakan hadiah khusus bagi player yang menyelesaikan level tinggi dengan waktu tercepat.

  • Pet

    Pada Kritika Online, ada banyak sekali jenis pet. Pet berfungsi untuk membantu player mengambil drop item dan player dapat menggunakan skill pet untuk melawan musuh. Pet dikategorikan seperti item, ada tingkatan common,rare, dsb. Ada pet yang memberikan skill pasif seperti Speed + 10%, ada juga yang memberikan skill active yang memiliki damage lumayan besar. Player harus memberikan food untuk pet secara berkala agar bisa terus digunakan.

  • Costumes

    Costumes berfungsi untuk merubah tampilan character. Costumes juga akan menambahkan stats dari character.

  • Daily Stages

    Setelah mencapai level tertentu, Daily Stages akan terbuka. Daily Stages dapat diakses 2 kali dalam sehari. Daily Stages akan memberikan drop item yang bagus untuk player.

  • Special Dungeon

    Jika dalam dungeon biasa tingkat kesulitan maximum adalah insane, bila kalian sudah mencapai level 65, akan terbuka beberapa special dungeon yang memiliki tingkat kesulitan extreme. Dungeon ini SANGAT SULIT untuk dimenangkan. Umumnya, Combat Rate yang dibutuhkan adalah 300.000. Drop item yang di jatuhkan juga adalah legendary.
Nah, itulah review singkat dari game Kritika Online. Bagaimana pendapat kalian ? Apakah kalian tertarik untuk memainkannya ? Tulis di komen bawah yaa ! Kalau mau main sama mimin, add yaa :)

Nickname : BNCY

Comments